Badan Wakaf Indonesia (BWI) adalah
lembaga negara independen yang dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 41
Tahun 2004 tentang Wakaf. Badan ini dibentuk dalam rangka mengembangkan dan
memajukan perwakafan di Indonesia. BWI dibentuk bukan untuk mengambil alih
aset-aset wakaf yang selama ini dikelola oleh nazhir (pengelola aset wakaf)
yang sudah ada. BWI hadir untuk membina nazhir agar aset wakaf dikelola lebih
baik dan lebih produktif sehingga bisa memberikan manfaat lebih besar kepada
masyarakat, baik dalam bentuk pelayanan sosial, pemberdayaan ekonomi, maupun
pembangunan infrastruktur publik.
Berdasarkan
Pasal 49 Ayat 1 Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004 tentang Wakaf, BWI mempunyai
tugas dan wewenang sebagai berikut:
1.
Melakukan
pembinaan terhadap nazhir dalam me-ngelola dan mengembangkan
harta benda wakaf.
2.
Melakukan
pengelolaan dan pengembangan harta benda wakaf berskala nasional
dan internasional.
3.
Memberikan
persetujuan dan atau izin atas perubahan peruntukan dan status harta
benda wakaf.
4. Memberhentikan dan mengganti nazhir.
5. Memberikan persetujuan atas penukaran
harta benda wakaf.
6. Memberikan saran dan pertimbangan
kepada Pemerintah dalam penyusunan
kebijakan
di bidang perwakafan.
Kemudian, melalui
Peraturan BWI Nomor 1 Tahun 2007 tentang Organisasi dan Tata Kerja Badan Wakaf
Indonesia, BWI menjabarkan tugas dan wewenangnya sebagai berikut:
1.Melakukan pembinaan terhadap nazhir
dalam mengelola dan
mengembangkan
harta benda wakaf.
2. Membuat pedoman pengelolaan dan
pengembangan harta benda wakaf.
3. Melakukan pengelolaan dan pengembangan
harta benda wakaf berskala
nasional
dan internasional serta harta benda wakaf terlantar.
4. Memberikan pertimbangan, persetujuan,
dan/atau izin atas perubahan
peruntukan
dan status harta benda wakaf.
5. Memberikan pertimbangan dan/ atau
persetujuan atas penukaran harta benda wakaf.
6. Memberikan saran dan pertimbangan
kepada Pemerintah dalam penyusunan kebijakan di bidang perwakafan.
7. Menerima, melakukan penilaian,
menerbitkan tanda bukti pendaftaran nazhir, dan mengangkat kembali nazhir yang
telah habis masa baktinya.
8. Memberhentikan dan mengganti nazhir
bila dipandang perlu.
9. Memberikan saran dan pertimbangan
kepada Menteri Agama dalam menunjuk Lembaga Keuangan Syariah Penerima Wakaf
Uang (LKS-PWU).
10. Menerima pendaftaran Akta Ikrar Wakaf
(AIW) benda bergerak selain uang dari Pejabat Pembuat Akta Ikrar Wakaf (PPAIW).
Dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya BWI bekerja sama dengan Kementerian Agama (c.q. Direktorat Pemberdayaan Wakaf), Majelis Ulama Indonesia, Badan Pertanahan Nasional, Bank Indonesia, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Islamic Development Bank, dan berbagai lembaga lain. Tidak tertutup kemungkinan BWI juga bekerja sama dengan pengusaha/ investor dalam rangka mengembangkan aset wakaf agar menjadi lebih produktif. Wakaf di Indonesia berupa Wakaf Tanah, Wakaf Uang, dan lain lain.
DATA TANAH WAKAF SELURUH INDONESIA
NO
|
PROVINSI
|
JUMLAH
|
SUDAH
SERTIFIKAT
WAKAF
|
BELUM
SERTIFIKAT
WAKAF
|
LUAS
TOTAL
(M2)
|
1
|
Nanggroe Aceh Darussalam
|
24.898
|
13.730
|
11.168
|
767.869.011,580
|
2
|
Sumatera Utara
|
16.280
|
7.761
|
8.519
|
36.035.460,000
|
3
|
Sumatera Barat
|
6.721
|
4.554
|
2.167
|
57.761.212,250
|
4
|
Sumatera Selatan
|
8.513
|
3.605
|
4.908
|
2.854.715,960
|
5
|
Riau
|
8.273
|
3.057
|
5.216
|
1.080.551.544,340
|
6
|
Jambi
|
5.870
|
4.110
|
1.760
|
14.690.497,000
|
7
|
Bengkulu
|
3.772
|
2.208
|
1.564
|
10.372.705,000
|
8
|
Lampung
|
14.591
|
8.372
|
6.219
|
22.990.814,000
|
9
|
Bangka Belitung
|
1.052
|
755
|
297
|
2.882.311,000
|
10
|
Kepulauan Riau
|
1.260
|
336
|
924
|
70.383.902,000
|
11
|
DKI Jakarta
|
6.317
|
4.383
|
1.934
|
9.588.868,670
|
12
|
D.I. Yogyakarta
|
7.846
|
7.558
|
288
|
2.651.551,000
|
13
|
Jawa Barat
|
74.860
|
45.873
|
28.987
|
116.662.017,810
|
14
|
Jawa Tengah
|
103.294
|
82.641
|
20.653
|
163.169.706,970
|
15
|
Jawa Timur
|
74.429
|
54.193
|
20.236
|
58.239.272,200
|
16
|
Banten
|
17.781
|
10.843
|
6.938
|
1.429.968.288,000
|
17
|
Bali
|
1.269
|
1.132
|
137
|
1.926.202,000
|
18
|
Kalimantan Barat
|
5.123
|
2.318
|
2.805
|
29.951.942,090
|
19
|
Kalimantan Tengah
|
2.502
|
1.724
|
778
|
41.316.207,710
|
20
|
Kalimantan Selatan
|
9.866
|
7.369
|
2.497
|
110.208.614,000
|
21
|
Kalimantan Timur
|
3.535
|
1.342
|
2.193
|
14.165.538,940
|
22
|
Sulawesi Utara
|
897
|
310
|
587
|
1.457.963,000
|
23
|
Sulawesi Tenggara
|
2.606
|
1.530
|
1.076
|
4.913.253,000
|
24
|
Sulawesi Tengah
|
3.197
|
1.874
|
1.323
|
5.782.021,000
|
25
|
Sulawesi Selatan
|
10.109
|
5.647
|
4.462
|
10.970.398,508
|
26
|
Sulawesi Barat
|
2.593
|
902
|
1.691
|
5.552.484,000
|
27
|
Papua
|
346
|
142
|
204
|
694.466,000
|
28
|
Papua Barat
|
338
|
105
|
233
|
591.117,000
|
29
|
Nusa Tenggara Timur
|
1.266
|
1.043
|
223
|
3.848.861,000
|
30
|
Nusa Tenggara Barat
|
12.105
|
7.031
|
5.074
|
25.816.325,000
|
31
|
Maluku
|
597
|
270
|
327
|
5.006.359,000
|
32
|
Maluku Utara
|
1.562
|
935
|
627
|
30.223.191,000
|
33
|
Gorontalo
|
1.727
|
776
|
951
|
3.367.467,338
|
JUMLAH
|
435.395
|
288.429
|
146.966
|
4.142.464.287,906
|
Sumber: Direktorat
Pemberdayaan Wakaf Kementerian Agama RI tertanggal 14 Maret 2014.
Wakaf uang bukan hanya menjadi alternatif baru bagi umat Islam di
Indonesia dalam berwakaf, tapi juga berfungsi memberikan solusi bagi upaya
peningkatan kesejahteraan umat secara lebih luas. Diperkenalkannya wakaf uang ini dalam
kehidupan umat Islam di Indonesia telah menggeser paradigma lama bahwa wakaf
hanya dimungkinkan terhadap benda-benda tidak bergerak seperti masjid, tanah
pertanian dan tanah kuburan dan lain sebagainya. Selain itu, diperkenalkannya
kembali wakaf uang ini juga telah memberikan kesempatan luas bagi setiap umat
Islam dari berbagai kalangan untuk dapat
berpartisipasi menunaikan wakaf uang sekalipun tidak dalam jumlah yang besar.
Harta wakaf dibangunkan dengan berbagai proyek yang boleh mendatangkan manfaat
ekonomi kepada umat Islam secara langsung maupun tidak langsung. [1]
Tidak ada komentar:
Posting Komentar